Sabda Bina Umat – Jum’at, 7 Desember 2018

  • on 07/12/2018

Sabda Bina Umat – Jum’at, 7 Desember 2018

Renungan Pagi
GB. 327 : 1,2 – Berdoa

JANGAN TAKUT
Yesaya 41 : 8 – 10

41:8 Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi;
41:9 engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: "Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau";
41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan ( ayat 10)

Pasca terjadinya gempa bumi dan tsunami 2-6 m di Palu dan Donggala pada hari Jum’at, 28 September 2018 jam 18.02 mengakibatkan ketakutan bagi warga masyarakat sehingga harus mencari tempat yang dianggapnya aman sebagai tempat perlindungan yaitu lokasi yang lebih tinggi.

Janganlah takut. Seruan Tuhan dalam Yesaya 41 : 10 ini telah memberikan ketenangan dan keteguhan bagi umat Yehuda. Mereka yang telah dibuang dan terserak di antara bangsa-bangsa bagaikan terkena “tsunami” kini dipanggil untuk kembali. Tuhan akan menyelamatkan dan mengembalikannya, karena Tuhan telah memilih mereka dan tidak menolak mereka (ayat 9). Tuhan akan merekonstruksi dan merehabilitasi keadaan mereka. Bukan hanya bangunan fisik yang perlu direkonstruksi dan direhabilitasi, tetapi juga kehidupan rohaninya. Tuhanlah yang akan menolong dan menopang mereka membangun kehidupan yang baru yang tidak lagi menjadi umat yang selalu memberontak, tetapi taat dan setia pada firman dan kehendak-Nya.

Harapan dan nubuatan Yesaya ini akhirnya digenapi ketika Allah turun dan berkenan menyelamatkan umat-Nya melalui Tuhan Yesus yang mengajarkan jalan keselamatan dan mengorbankan diri-Nya untuk menyelamatkan manusia dari belenggu dosa. Jangan takut, sebab Tuhan besertamu.

Doa : ( Tuhan, ajar kami untuk tidak takut menghadapi tantangan yang berat dalam kehidupan ini, karena kami tahu Engkau bersama kami )

Sdn/lph
Sumber : Sabda Bina Umat Desember 2018 – Januari 2019