Sabda Bina Umat – Kamis, 1 November 2018

  • on 01/11/2018

Sabda Bina Umat – Kamis, 1 November 2018

Renungan Pagi
KJ. 40 : 1,2 – Berdoa
AJAIB KASIH KARUNIA ALLAH
Efesus 2 : 1 – 7

2:1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
2:2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.
2:3 Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain.
2:4 Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,
2:5 telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita -- oleh kasih karunia kamu diselamatkan --
2:6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,
2:7 supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.

“oleh kasih karunia kamu diselamatkan” (ayat 5)

Seorang raja dapat menyatakan kasih karunia dengan mengangkat seorang anak rakyatnya menjadi keluarga raja, tetapi soal pewarisan takhta tidak mungkin diperoleh anak tersebut. Hal tersebut nampak pada Firaun, ketika putri Firaun mengangkat Musa sebagai keluarga Firaun, sekalipun Musa ternayat lebih pandai daripada putra Firaun sendiri.

Menurut Paulus dalam bacaan hari ini, sungguh berbeda kasih karunia Allah yang dinyatakan kepada kita oleh Yesus Kristus. Ia menebus kita dari dosa dan memelihara hidup kita oleh kasih karunia-Nya. Bila kita mati, Ia akan membangkitkan kita dan memberi tempat bagi kita di sorga bersama Kristus. Sungguh ajaib Kasih Karunia Allah bagi kita. Ia menjadikan kita pewaris Kerajaan-Nya bersama Yesus Kristus. Kasih karunia Allah melebihi, bahkan di atas segala kasih karunia penguasa di dunia ini yang mustahil menjadikan kita pewaris kerajaan-Nya.

Sebagai umat yang dikasihi Allah, jangan meragukan janji-Nya tentang masa depan yang istimewa dan indah itu. Kemewahan duniawi tidak bisa menandingi kebahagiaan kita dalam kasih karunia Allah itu. Oleh sebab itu, janganlah kita disesatkan oleh pikiran dan nafsu kita untuk menukar anugerah kasih karunia Allah itu dengan kemewahan duniawi yang sekejap, lalu masa depan kita menjadi suram.

Hiduplah dalam kasih karunia-Nya dengan iman dan kasih sejati seperti yang dipesankan oleh Yesus Kristus, agar Ia tetap mengasihi kita dan menjaga kita dalam keselamatan yang telah dikerjakan-Nya.

Doa : (Terima kasih ya Tuhan, atas kasih karunia keselamatan-Mu)

J.P.T/jm

Sumber : Sabda Bina Umat Oktober – November 2018