Sabda Bina Umat – Kamis, 25 Oktober 2018

  • on 25/10/2018

Sabda Bina Umat – Kamis, 25 Oktober 2018

Renungan Malam
KJ. 413 : 1, 2 – Berdoa
ALLAH TIDAK AKAN MENINGGALKAN ENGKAU
Ulangan 31 : 7 – 8

7. Lalu Musa memanggil Yosua dan berkata kepadanya di depan seluruh orang Israel: "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkau akan masuk bersama-sama dengan bangsa ini ke negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyang mereka untuk memberikannya kepada mereka, dan engkau akan memimpin mereka sampai mereka memilikinya.
8. Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati."

“Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan didepanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (ay. 8)

Bagaimana kabar kita hari ini? Banyak peristiwa dan pengalaman yang menyenangkan? Atau ada peristiwa dan pengalaman yang tidak menyenangkan, bahkan menyedihkan dan membuat kita menderita? Ya, setiap hari kita jalani dengan peristiwa dan pengalaman yang beranekaragam; ada yang sesuai dengan rencana dan harapan kita, adan yang mengejutkan dan menyenangkan kita, dan pasti bisa terjadi sebaliknya! Tidak ada manusia yang dapat mengendalikan setiap detik hidupnya, apalagi hidup orang lain.
Musa meneruskan tongkat estafet kepemimpinan atas Israel kepada Yosua, apakah yang Musa berikan kepada Yosua sebagai bekal dan kelengkapan sebagai seorang pemimpin? Musa tidak memberi kekuatan, kuasa atau kekayaan. Ketergantungan kepada Allah, meyakinin akan kasih setia Allah dalam ketaatan menjadi warisan berharga yang diberikan Musa bagi Yosua juga bagi Israel. Dan dalam seluruh perjalanan serta kepemimpinan yang sudah dilalui Musa, Musa dengan tegas mengatakan “Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan didepanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (ayat 8)
Hari ini telah kita jalani bersama dengan Allah, kita mau bersyukur atas penyertaan-Nya dan juga kita mau berserah untuk perjalanan kita besok yang akan dianugerahkan Allah bagi kita.

Doa: (Ya Allah terima kasih untuk penyertaan-Mu, teruslah bersama kami)

A.R.P/lph
Sumber : Sabda Bina Umat Oktober – November 2018