Sabda Bina Umat – Kamis, 25 Oktober 2018

  • on 25/10/2018

Sabda Bina Umat – Kamis, 25 Oktober 2018

Renungan Pagi
KJ. 370 : 1, 2 – Berdoa
BERJALAN BERSAMA ALLAH
Ulangan 31 : 1 – 6

1. Kemudian pergilah Musa, lalu mengatakan segala perkataan ini kepada seluruh orang Israel.
2. Berkatalah ia kepada mereka: "Aku sekarang berumur seratus dua puluh tahun; aku tidak dapat giat lagi, dan TUHAN telah berfirman kepadaku: Sungai Yordan ini tidak akan kauseberangi.
3. TUHAN, Allahmu, Dialah yang akan menyeberang di depanmu; Dialah yang akan memunahkan bangsa-bangsa itu dari hadapanmu, sehingga engkau dapat memiliki negeri mereka; Yosua, dialah yang akan menyeberang di depanmu, seperti yang difirmankan TUHAN.
4. Dan TUHAN akan melakukan terhadap mereka seperti yang dilakukan-Nya terhadap Sihon dan Og, raja-raja orang Amori, yang telah dipunahkan-Nya itu, dan terhadap negeri mereka.
5. TUHAN akan menyerahkan mereka kepadamu dan haruslah kamu melakukan kepada mereka tepat seperti perintah yang kusampaikan kepadamu.
6. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (ayat 6)

Jika kita akan melakukan sebuah perjalanan, maka segala sesuatu harus dipersiapkan; kita menyiapkan yang diperlukan disepanjang perjalanan, apalagi perjalanan nya adalah perjalanan yang panjang. Selain segala persiapan fisik material, persiapan batin, mental juga diperlukan.
Musa terus-menerus mengingatkan Israel agar selalu bersandar penuh hanya pada kuasa dan pemeliharaan Allah. Puluhan tahun kepemimpinannya juga merupakan puluhan tahun perjalanannya bersama Israel, teristimewa bersama dengan Allah. Generasi ganti generasi, tidak semua yang bersama Musa keluar dari Mesir terus berjalan menuju tanah yang dijanjikan; dalam segala keterbatasan, ancaman bahaya alam, ancaman bangsa-bangsa disepanjang perjalanan yang mereka tempuh, satu persatu mereka lewati bukan karena mempunyai kelimpahan dan bukan pula karena mereka memiliki kekuatan! Tetapi mereka dapat terus berjalan, karena disetiap dan seluruh langkah perjalanan yang mereka tempuh, mereka berjalan bersama Allah. Allah yang berjanji dan yang setia menepati janji-Nya. Allah yang bertindak, berkarya dan mau melakukan segalanya untuk memelihara umat-Nya.
Perjalanan Israel bersama Allah merupakan bukti dan jaminan untuk perjalanan seterusnya di masa depan; mungkin kita dalam keadaan sangat terbatas, bahkan tidak berdaya, namun sepanjang kita berjalan bersama Allah, yakinlah Allah setia, peduli dan mau melakukan lebih dari yang kita pikirkan. Mari jalani hari ini dengan bersama Allah.

Doa: (Ya Allah yang setia, teguhkanlah kami untuk terus berjalan bersama Engkau)

A.R.P/lph
Sumber : Sabda Bina Umat Oktober – November 2018