Sabda Bina Umat – Minggu, 11 November 2018

  • on 11/11/2018

Sabda Bina Umat – Minggu, 11 November 2018

RENUNGAN MALAM
KJ.446 : 1 – Berdoa

TERUSLAH BERBUAT BAIK BAGI SESAMA
Filipi 2: 12 – 18

12. Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, 
13. karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya. 
14. Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, 
15. supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia, 
16. sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah. 
17. Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian. 
18. Dan kamu juga harus bersukacita demikian dan bersukacitalah dengan aku.

“…tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar…” (ay.12)

Sudahkah saudara mengerjakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan kepada saudara di hari ini (hari Minggu)? Masing-masing kita dipercayakan tugas dan tanggungjawab dalam kehidup-an ini. Ada yang dipercayakan dalam tugas tanggungjawab pelayanan gereja, baik sebagai Presbiter maupun pengurus dan pelayan PELKAT, sebagai anggota komisi, panitia, pegawai di kantor majelis jemaat, koster, satpam, sopir, ataupun di tengah kehidupan keluarga sebagai ayah, ibu, orang tua, anak-anak, dan ditengah masyarakat sebagai pekerja. Masing-masing kita diberikan tugas dan tanggung-jawab untuk kita kerjakan.
Bacaan firman TUHAN saat ini mengemukakan ajakan dan nasihat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi tentang tugas dan tanggungjawab sebagai orang yang telah menerima keselamatan: “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar” (ay.12). Nasihat Rasul Paulus ini sekaligus hendak mengajarkan bahwa keselamatan yang telah dianugerahkan oleh TUHAN kepada manusia melalui karya pengorbanan Putra-Nya, Tuhan Yesus Kristus, merupakan sebuah jaminan masa depan, keselamatan kekal yang harus dikerjakan atau dipertahankan dalam kehidupan jemaat di Filipi dan setiap orang percaya.
Mengerjakan keselamatan adalah sebuah pernyataan iman percaya melalui tindakan nyata (perbuatan baik) dalam kehidupan sehari-hari yang mendatangkan kebaikan. Keselamatan yang diberikan TUHAN kepada semua manusia, dan berlaku nyata bagi setiap orang percaya, wajib direspon secara aktif, sebagaimana keselamatan itu sendiri tidak bersifat pasif. Merespon secara aktif, mengerjakan keselamatan itu dengan cara selalu berbuat baik, menyatakan kasih TUHAN kepada semua manusia, mengambil bagian dalam pelayanan gereja serta bersedia memberi diri menjadi berkat bagi sesama untuk kemuliaan nama TUHAN.

Doa : (Bapa, ajar kami untuk setia mengerjakan keselamatan melalui perbuatan-perbuatan baik bagi sesama dan alam ciptaan-Mu)

RJMW/jm
Sumber : Sabda Bina Umat Oktober – November 2018