Sabda Bina Umat – Minggu, 16 Desember 2018

  • on 16/12/2018

Sabda Bina Umat – Minggu, 16 Desember 2018

Renungan Malam
KJ.85 : 3 “Ku Songsong Bagaimana”–Berdoa

NASIHAT ALLAH JALAN MENUJU KEBAHAGIAAN
Mazmur 16 : 7 – 11

 

7. Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. 
8. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. 
9. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; 
10. sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. 
11. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

“Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku” (ay.7)

Kalau dipertanyakan apakah arti kebahagiaan itu menurut anda? Jawaban dari setiap orang pasti beragam; kebahagiaan bisa diartikan sebagai cinta, kemapanan, sukses, aman, kenyang dan lain sebagainya. Pemazmur sendiri menjadikan kebahagiaan itu adalah dekat dengan Tuhan dan berada dalam lindungan Tuhan. Definisi kebahagiaan sangat menentukan pencaharian kebahagiaan seseorang, jika orang keliru mendefinisikan kebahagiaan maka mereka tidak akan menjumpai kebahagiaan itu sendiri.

Pemazmur memberikan teladan kepada kita dalam mendefinisikan dan mencari kebahagiaan itu, dan pemazmur menyadari bahwa dirinya bisa memiliki pengetahuan yang benar tentang kebahagiaan yang sejati bukan karena kehebatannya dan pengetahuannya yang luas, melainkan Tuhan sendiri yang memberikan nasihat kepada nuraninya pada waktu malam. Hikmat yang dimiliki pemazmur sumbernya dari Tuhan sendiri.

Bagaimana dengan kita sekarang ini? Apakah Tuhan tidak pernah memberikan nasihat kepada nurani kita?Pastinya tidak, karena Tuhan tidak pernah membedakan orang. Dia mengasihi seluruh ciptaan-Nya, permasalahan ada pada diri kita sendiri. Patut kita bertanya pada diri kita apakah kita tidak pernah mendengarkan nasihat Tuhan dalam nurani kita? Karenanya seperti pemazmur yang mendekatkan diri kepada Allah, memandang kepada-Nya senantiasa. Kita juga diajarkan untuk mau berproses seperti pemazmur untuk melatih kepekaan kita terhadap nasihat-nasihat yang telah dan akan Allah berikan dalam kehidupan ini secara terus menerus. Kalau kita berhasil melakukan ini maka kita juga akan selalu memiliki pengharapan yang terus digenapi sampai pada kehidupan yang kekal bersama dengan Allah.

Sebelum hari ini berakhir, bukalah hati dan pikiran kita dalam keheningan malam dan lihatlah pengalaman berharga yang Tuhan ijinkan untuk kita lalui di hari ini. Banyak nasihat melalui perjalanan hidup untuk menata hidup dimasa yang akan datang dalam penyerahan diri penuh kepada Allah sumber sukacita kehidupan kita.

Doa : (Ya Allah syukur atas nasihat melalui perjalanan hidup yang kami alami hari ini)

S.M/lph

Sumber : Sabda Bina Umat Desember 2018 – Januari 2019