Sabda Bina Umat – Rabu, 24 Oktober 2018

  • on 24/10/2018

Sabda Bina Umat – Rabu, 24 Oktober 2018

Renungan Malam
KJ. 305 : 1, 2 – Berdoa
MENGASIHI TUHAN BERARTI MENERIMA KEHIDUPAN
Ulangan 30 : 15 – 20

15. Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16. karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
17. Tetapi jika hatimu berpaling dan engkau tidak mau mendengar, bahkan engkau mau disesatkan untuk sujud menyembah kepada allah lain dan beribadah kepadanya,
18. maka aku memberitahukan kepadamu pada hari ini, bahwa pastilah kamu akan binasa; tidak akan lanjut umurmu di tanah, ke mana engkau pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya.
19. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,
20. dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka."

“… Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, … “ (ay. 19-20)

Tidak ada bangsa yang memiliki pengalaman luar biasa seperti bangsa Israel. Pada masa kepemimpinan Musa, ada banyak karya kuasa TUHAN yang luar biasa! Namun, Alkitab dengan jujur juga menceritakan betapa “tidak tahu diri” nya orang Israel, mereka menyimpang dari jalan yang TUHAN kehendaki, mengkhianati dan melawan TUHAN! Apakah akibatnya? Mereka harus menerima konsekuensi/akibat dari perbuatan mereka: penderitaan, hukuman bahkan kematian!
Musa mengingatkan umat Israel untuk teguh mmelihara prinsip hidup, yang utamanya adalah prinsip untuk hidup mengasihi TUHAN! Karena dengan mengasihi TUHAN berarti mau mengerti dan melakukan kehendak TUHAN; dan kehendak TUHAN pasti baik bahkan teramat baik bagi kehidupan umat! Mengasihi TUHAN menjadi dasar untuk semua perbuatan yang dilakukan umat dalam beribadah, bersekutu bahkan melakukan berbagai aktifitas lainnya. Mengasihi TUHAN berarti mau menjalani keutuhan hidup dengan sikap hati yang terus terarah hanya kepada TUHAN dan tidak kepada yang lain.
Sudahkah kita mengasihi TUHAN dengan sungguh-sungguh? Sudahkah kita mengasihi TUHAN yang selalu setia mengasihi kita? Sudahkah kita mengasihi TUHAN yang selalu menghendaki kita untuk menerima kehidupan dan bukan kematian? Hidup yang jujur, murni, tulus dan tidak munafik, bukanlah kita lakukan karena kita mencari dan mengejar sesuatu! Melainkan kita melakukannya karena TUHAN Allah, Pencipta, Pemelihara dan Penyelamat kita setia dan mengasihi kita.

Doa: (Ya Tuhan, kamu mau mengasihi-Mu sebagaimana Engkau yang telah lebih dulu dan selalu mengasihi kami)

A.R.P/lph
Sumber : Sabda Bina Umat Oktober – November 2018