Sabda Bina Umat – Rabu, 24 Oktober 2018

  • on 24/10/2018

Sabda Bina Umat – Rabu, 24 Oktober 2018

Renungan Pagi
KJ.54 : 1,2 – Berdoa
FIRMAN-NYA UNTUK KITA DAN SANGAT DEKAT DENGAN KITA
Ulangan 30 : 1 – 14

30:1 "Maka apabila segala hal ini berlaku atasmu, yakni berkat dan kutuk yang telah kuperhadapkan kepadamu itu, dan engkau menjadi sadar dalam hatimu di tengah-tengah segala bangsa, ke mana TUHAN, Allahmu, menghalau engkau,
30:2 dan apabila engkau berbalik kepada TUHAN, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya sesuai dengan segala yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, baik engkau maupun anak-anakmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,
30:3 maka TUHAN, Allahmu, akan memulihkan keadaanmu dan akan menyayangi engkau. Ia akan mengumpulkan engkau kembali dari segala bangsa, ke mana TUHAN, Allahmu, telah menyerakkan engkau.
30:4 Sekalipun orang-orang yang terhalau dari padamu ada di ujung langit, dari sana pun TUHAN, Allahmu, akan mengumpulkan engkau kembali dan dari sana pun Ia akan mengambil engkau.
30:5 TUHAN, Allahmu, akan membawa engkau masuk ke negeri yang sudah dimiliki nenek moyangmu, dan engkau pun akan memilikinya pula. Ia akan berbuat baik kepadamu dan membuat engkau banyak melebihi nenek moyangmu.
30:6 Dan TUHAN, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup.
30:7 TUHAN, Allahmu, akan menjatuhkan segala sumpah serapah itu kepada musuhmu dan pembencimu, yang telah mengejar engkau.
30:8 Engkau akan mendengarkan kembali suara TUHAN dan melakukan segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini.
30:9 TUHAN, Allahmu, akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam segala pekerjaanmu, dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu, sebab TUHAN, Allahmu, akan bergirang kembali karena engkau dalam keberuntunganmu, seperti Ia bergirang karena nenek moyangmu dahulu --
30:10 apabila engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dengan berpegang pada perintah dan ketetapan-Nya, yang tertulis dalam kitab Taurat ini dan apabila engkau berbalik kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu."
30:11 "Sebab perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh.
30:12 Tidak di langit tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan naik ke langit untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya?
30:13 Juga tidak di seberang laut tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan menyeberang ke seberang laut untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya?
30:14 Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.

“Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan” (ayat 14)

Siapakah di antara kita yang sudah selesai membaca Alkitab dari kitab Kejadian sampai dengan kitab Wahyu? Ada yang sudah beberapa kali selesai membaca Alkitab? Apakah yang kita dapatkan sesudah membaca Alkitab ( bahkan sudah selesai membaca dari Kitab Kejadian sampai Kitab Wahyu)? Berapa banyak ayat Alkitab yang kita hafal?
Dekat dengan firman TUHAN bukan hanya sebatas membacanya sampai selesai, bukan pula soal banyaknya ayat yang dapat dihafal; melainkan yang lebih utama adalah menghayatinya dan menerapkan serta melakukannya dalam keutuhan hidup.
Apakah yang kurang dari metode pendidikan agama orang Israel? Bukankah sangat lengkap? Tetapi mengapa mereka masih terus melakukan hal yang menyakiti hati TUHAN? Bahkan bukan hanya soal membaca firman, mereka juga banyak mengalami peristiwa-peristiwa pernyataan TUHAN yang luar biasa! Musa dan banyak pemimpin serta utusan TUHAN terus menerus mengingatkan orang Israel untuk membangun hidup yang berkenan di hadapan TUHAN. Dan untuk itu TUHAN memberikan firman-Nya agar mereka mengerti dan dibentuk sesuai dengan yang TUHAN kehendaki. Mereka sangat mengerti, namun mereka sering tidak membuka hati bahkan sering abai untuk menghayati dan menaati.
Apakah yang telah kita lakukan dengan firman TUHAN? Apakah kita sudah menjadikannya sungguh-sungguh sebagai suluh dan pelita bagi jalan dan kaki kita? Apakah kita sudah sungguh-sungguh menghayati kebenaran firman TUHAN yang menuntun kita untuk hidup dan menerima kehidupan yang berkenan di hadapan TUHAN? Mari buka hati untuk firman-Nya dan buka kehidupan kita untuk mengisinya dengan firman TUHAN.

Doa : (Ya TUHAN, beri kami hati yang mau mendengar, memelihara dan melakukan firman-Mu)

A.R.P/lph
Sumber : Sabda Bina Umat Oktober – November 2018