Sabda Bina Umat – Sabtu, 3 November 2018

  • on 03/11/2018

Sabda Bina Umat – Sabtu, 3 November 2018

Renungan Malam
KJ. 309 : 1,2 – Berdoa
PERTUMBUHAN UNTUK KEDEWASAAN
Efesus 4 : 9 – 16

9. Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?
10. Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.
11. Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
12. untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,
13. sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,
14. sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
15. tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.
16. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

“Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan”. (ay. 11, 12)

Seorang ibu menyusui bayinya, supaya bertumbuh menjadi besar. Dilatih untuk menjadi tangkas, dan diajar untuk menjadi dewasa. Bila upaya sang ibu itu sudah maksimal, tetapi si bayi tidak menunjukkan perkembangan yang diharapkan, ada kemungkinan bayi itu terhambat pertumbuhannya. Hubungan bayi dengan ibu menggambarkan hubungan Tuhan dengan jemaat.
Yesus Kristus bukan hanya memanggil orang menjadi jemaat-Nya, tetapi juga menetapkan para pengajar dan Pembina jemaat, agar menjadikan jemaat bertumbuh dewasa dalam iman dan kasih. Pertumbuhan jemaat juga berarti memperlengkapinya bagi pekerjaan pelayanan, sesuai kadar pertumbuhan masing-masing yang membangun dirinya dalam kasih.
Jika pengajaran dan pembinaan telah berlangsung lama dan ditangani silih berganti oleh para hamba Kristus, jemaat seharunya menunjukan perkembangan yang menggembirakan. Namun, jika tidak menunjukan perkembangan yang diinginkan oleh Kristus, maka dapat dipastikan jemaat ini bantut (terhambat). Pertumbuhannya terganggu, terutama oleh keinginan duniawi, sehingga iman dan kasihnya tidak berkembang. Malahan menjadi batu sandungan bagi kesaksiannya. Jemaat itu bagaikan air liur suam-suam kuku yang harus dimuntahkan dari mulut.
Semoga kita menyadari peran para hamba Kristus ditengah jemaat. Bukan untuk menjadi bos jemaat, tetapi untuk membina umat menjadi pewaris Kerajaan Sorga bersama Kristus. Karena itu, sudah sepantasnyalah kita menghormati mereka karena tugasnya itu. Juga kita hidup bersama dalam persekutuan, dalam kebenaran sertamembawa damai sejahtera-Nya ditengah dunia ini. Kita hidup bersama dalam kedewasaan yang bersaksi bagi kemuliaan nama Tuhan.

Doa : (Berkati aku supaya bertumbuh menurut kehendak-Mu, Tuhan)

J.P.T/jm
Sumber : Sabda Bina Umat Oktober – November 2018