Sabda Bina Umat – Senin, 3 Desember 2018

  • on 03/12/2018

Sabda Bina Umat – Senin, 3 Desember 2018

Renungan Pagi
PKJ. 27 : 1,2 – Berdoa

NYANYIAN BARU
Mazmur 98 : 1 – 3

98:1 Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
98:2 TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.
98:3 Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

“Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan – perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus ( ayat 1 )

Mazmur 98, adalah mazmur yang dikelompokkan sebagai mazmur raja, yaitu mazmur yang menyatakan bahwa Tuhan adalah Raja (Maz.98:6). Raja Daud diyakini yang telah menulisnya. Mazmur 98 ini dinyanyikan pada saat menyambut kemenangan atas musuh yang telah dikalahkan. Umat Israel menyambut kemenangan tersebut dengan puji-pujian mereka menyanyikan kemenangan tersebut dengan nyanyian baru, yaitu lagu baru yang dikhususkan bagi perayaan kemenangan tersebut.

“Nyanyian baru”, bisa berarti buku nyanyian yang baru saja diterbitkan sehingga kita belum mengenalnya dan baru mempelajarinya. “Nyanyian baru” juga bisa berarti menyanyikan dengan cara baru, maksudnya menyanyikan dengan baik dan benar (sesuai dengan notasi) serta dengan penghayatan yang benar, tidak seperti sebelumnya asal menyanyi saja. Bapa Agustinus dari Hippo menyatakan “Qui Bene Cantat Bis Orat” yang artinya “bernyanyi dengan baik adalah berdoa dua kali”. Hal ini menunjukkan pentingnya nyanyian pujian kepada Tuhan bagi orang percaya.

Demikian juga dalam minggu-minggu adventus ini, minggu-minggu menyambut peristiwa natal Tuhan Yesus, setiap jemaat, sektor pelayanan, pelkat, berlatih dan belajar menyanyi dengan baik dan benar untuk mengisi puji-pujian dalam acara dan kegiatan natal. Mari kita menyambut Sang Juruselamat dengan mempersiapkan diri kita memuji Tuhan dengan baik dan benar.

Doa : (Tuhan ajarkanlah untuk menyambut-Mu dengan pujian yang baik dan benar)

Sdn/lph
Sumber : Sabda Bina Umat Desember 2018 – Januari 2019